Sabtu, 18 Desember 2010

Pemimpin dan Keputusannya.

Hari ini aku dan teman-temanku ikut PLO dari Himpunan.
salah satu bahasan materinya adalah tentang tehnik mengambil keputusan. sebenarnya topik ini untuk umum, tapi dalam tulisan kali ini, aku spesifikasi kan pada seorang pemimpin. dan tulisan ini merupakan rangkuman dari materi yang sudah diberikan oleh pemateri dalam PLO.

Seorang pemimpin itu harus mampu membawa diri dalam anggotanya. harus mampu merangkul semua anggotanya. dan seorang pemimpin itu harus bisa mengambil keputusan dengan tepat dan benar. saat seorang pemimpin memutusakan suatu masalah, dan keputusan itu pada akhirnya salah. maka tidak hanya pemimpin saja yang kena imbasnya, tetapi juga orang yang dipimpinnya.
maka, pemimpin itu juga harus melihat anggotanya, memikirkan resiko dan konsekuensinya sebelum memutuskan suatu perkara.

dikala ada dua kubu yang berlawanan dan memiliki suara sama dalam forum, maka seorang pemimpin harus memutuskan sesuai dengan peraturan yang berlaku. dan perlu dicatat, pemimpin itu tidak boleh memutuskan suatu perkara hanya dari isu atau berita yang beredar saja. maka dari itu diperlukan pikiran yang kritis.

catatan penting juga untuk semua calon pemimpin : jangan pernah mengambil keputusan dalam keadaan emosi . karena keputusan itu tidak akan memberi manfaat untuk siapapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar